Untuk Menjadi Destinasi Ramah Muslim Terbaik Dunia, Indonesia Masih Ada Kendala

Wisata 0
banner 468x60

Untuk menjadi destinasi wisata ramah muslim terbaik dunia Indonesia masih kalah jauh dengan negeri Jiran Malaysia. Ini karena adanya sejumlah kendala yang dihadapi Indonesia.

Untuk Menjadi Destinasi Ramah Muslim Terbaik Dunia Indonesia Masih Ada Kendala

Dalam acara Global Muslim Travel Index (GMTI) 2017 atau Indeks Perjalanan Muslim Global yang diselenggarakan oleh Crescent Rating bersama MasterCard ternyata Indonesia berhasil menempatkan diri diposisi ketiga ramah Muslim Dunia. Sedangkan Malaysia berada pada peringkat pertama destinasi wisata ramah Muslim Dunia.

Agar Indonesia bisa menjadi lebih baik dimata wisatawan muslim dunia maka sejumlah kendala yang ada harus diselesaikan terlebih dahulu, salah satunya adalah masalah promosi Pariwisata yang kurang maksimal. Selain promosi wisata yang menjadi kendala, termasuk juga untuk halal tourism. Sedangkan untuk produk yang dimiliki Indonesia sudah bagus, price bagus top 5 dan produk top 20,kelemahan ada di promosinya.

Untuk menggaet turis Muslim banyak datang ke Indonesia, sebaiknya pemerintah menggencarkan promosi ke negara-negara Timur Tengah. Selain promosi, ini terkait juga sertifikasi makan halal di negara kita belum begitu maksimal.

Adapun yang menjadi kelebihan Indonesia adalah Default Indonesia yang sudah halal sehingga menyepelekan sertifikasi halal, padahal konsumen sendiri menginginkan hal tersebut. Bagi masyarakat Muslim yang tinggal Indonesia datang suatu restoran atau rumah makan tanpa perlu lagi melihat logo halal karena makanan yang disediakan yakin sudah halal, karen warganya yang mayoritas Muslim.

Tapi bagi wisatawan muslim tentunya harus diyakinkan dulu bahwa makanan yang tersedia halal untuk dimakan dengan adanya sertifikasi halal yang tertempel direstoran.

Pemerintah melalui Menteri Pariwisata menghimbau agar pemilik restoran mendaftar untuk mendapatkan sertifikat halal dan lembaga yang memproses sertifikasi halal agar tidak mempersulit. Terkait dengan sertifikasi halal, maka Logo halal akan mempermudah wisatawan Muslim mencari makanan yang sesuai.

Dalam hal kebijakan visa Indonesia lebih unggul dari Malaysia karena kita sudah melakukan kebijakan bebas visa, kebijakan ini merupakan point agar GMTI 2018 Indonesia bisa mengungguli Malaysia. Demikian juga dalam keamanan untuk turis Muslim di Indonesia sudah semakin membaik sesuai dengan penilaian GMTI tentang Muslim Traveler and Genaral Safety.

Tags:
banner 468x60
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply