Geopark Nadional Ciletuh – Pelabuhan Ratu

Wisata 0
banner 468x60

Satu-satunya geopark yang di ajukan Indonesia untuk menjadi UNESCO Global Geopark (UGG) adalah Geopark Ciletuh-Pelabuhan Ratu (GNCP). Geopark ini berada di wilayah Kabupaten Sukabumi Jawa Barat. Tim penilai dari UNESCO akan datang ke Jawa Barat untuk memberikan penilain pada bulan mei.

Geopark Nadional Ciletuh - Pelabuhan Ratu

Apabila dalam penilain nanti Geppark Ciletuh lulus dan bisa tetapkan menjadi UGG maka ini adalah peraihan prestasi besar bagi Indonesia dan Jawa Barat pada khususnya. Pengajuan Geopark Ciletuh menjadi UGG adalah yang paling cepat setelah ditetapkan sebagai geopark nasional. Satu-satunya wakil Indonesia yang masih tersisa di UGG adalah Geopark Ciletuh.

Dalam rangka penilain UGG ini, Pemda Jawa Barat terus melakuakan pembenahan di kawasan Geopark Ciletuh. Pembenahan itu meliputi pemesangan rambu-rambu menuju ke geopark, akses jalan, pembangunan tourim information center, gerbang masuk geopark dan fasilitas pendukung lainnya.

Untuk akses jalan, sedang dibangun jalan dengan panjang kurang lebih 33 Km yang membentang dari Pantai Lojo samapai Pantai Palangpang. Dan akan ditambah lagi panjangnya sampai kewilayah Ujung Genteng dengan total panjang keselurahan mencapai 41 Km.

Dengan dibangunnya akses jalan sepanjang 41 Km maka pengunjung bisa menikmati benda geologi yang sangat unik melalui jalan darat yang sedang dibangun. Jadi akan lebih eksotik lagi bisa menikmati laut dan daratannya. Sepertinya, Geopark yang terletak di Ciletuh ini sangat menarik untuk dijadikan destinasi wisata saat liburan bersama keluarga nanti.

Tags:
banner 468x60
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply