Miris ! Meski Masih Tersegel, Sabun Akan Dibuang Setelah Tamu Check Out

Serba Serbi 0
banner 468x60

Sebenarnya orang atau kita tidak pernah memikirkan apa yang dilakukan oleh pihak hotel terhadap sabun-sabun sisa setelah tamu meninggalkan kamar hotel.Miris ! Meski Masih Tersegel, Sabun Akan Dibuang Setelah Tamu Check Out

Sabun batang maupun sabun cair yang disediakan oleh pihak hotel adalah sabun yang memiliki kwalitas yang sangat baik dan terbuat darai bahan yang terbaik,tetapi sangat disayangkan pihak hotel banyak yang membuang sisa sabun tersebut.

Sebenarnya kalau kita pikirkan ini sangat bertolak belakang, karena disekeliling kita masih banyak orang yang tidak mendapatkan sabun bersih jadi disini jelas sekali terlihat sangat miris, sebab disatu sisi pihak hotel dengan gampangnya membuang sabun-sabun sisa tersebut sedangkan diluar sana masih ada orang-orang yang tidak bisa membersihkan diri.

Sehingga pada tahun 2009 berdiri suatu organisasi yang diberi nama Clean the World yaitu organisasi yang menghubungkan kedua masalah ini. Organisasi ini mengumpulkan sabun sisa bekas pakai hotel-hotel dan lanjut juga menyalurkan kepada negara-negara yang warganya yang sering terjangkit penykit ifeksi pernapasan dan diare.

Sabun batang dan cair sebelum dibagikan kepada masyarakat yang membutuhkan, sabun sisa ini akan diproses daur ulang dan diseterilkan lebih dahulu supaya tidak ada kuman penyakit yang menempel pada sabun sisa tersebut. Karena sabun merupakan bahan dasar yang selalu dibutuhkan untuk menjaga kebersihan dan kesehatan.

Di negara-negara berkembang banyak terjadi kasus diare yang sampai merenggut nyawa hingga 1,8 juta jiwa pertahun. Sebagian besar kasus diare menyerang anak-anak dibawah umur 5 tahun dan kasus ini hampir 80% terjadi di negara-negara Afrika dan Asia Selatan.

Clean the World tidak bekerja sendirian, organisasi ini bekerja sama juga dengan organisasi lain yang terkait agar program dapat berjalan dan sukses. Sedangkan donasi sabun bekas yang mereka terima adalah dari berbagai wilayah negara bagian Amerika Serikat seperti dari Orlando, Florida, Las Vegas dan dari Luar Amerika yaitu Hongkong.

Oraganisasi ini juga banyak membutuhkan sukarelawan dalam menbagikan sabun-sabun yang sudah didaur ulang kepada rakyat kecil yang sangat membutuhkan.
Selain membagikan sabun para sukarelawan ini bertgas memberikan pendidikan mengenai kebersihan dan kesehatan terutama kepada anak-anak.

Selain membagikan langsung kepada masyarakat, sukarelawan ini pun memberikan beberapa stok sabun daur ulang kepada para penjual kecil sehingga mereka bisa mengais rejeki dari menjual sabun. Clean the World adalah orgnisasi yang benar-benar memperhatikan tentang kebersihan dan kesehatan masyarakat sehingga sabun-sabun bekas pakai tidak terbuang percuma sebagai sampah.

Dengan kebersihan dan kesehatan akan melahirkan manusia-manusia yang mempunyai
SDM yang cerdas.

Tags:
banner 468x60
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply