Manusia Jaman Purba Kala Ternyata Juga Makan Daging Manusia

Serba Serbi 0
banner 468x60

Manusia jaman purba kala pada masa itu mereka mengkonsumsi daging manusia. Sedangkan menurut para ilmuwan bahwa mengkonsumsi daging manusia bukanlah untuk mengenyangkan perut.

Manusia Jaman Purba Kala Ternyata Juga Makan Daging Manusia

Menurut arkeolog dari Inggris yaitu Dokter James Cole, ia meneliti manusia purba kala. Dalam penelitiannya tersebut ditemukan bahwa daging manusia tidak dapat menyediakan kalori yang cukup, berarti menyantap daging manusia tidak mungkin akan mengenyangkan perut.

Untuk membuktikannya Dokter James meelakukan penelitian tentang kalori pada masing-masing bagian tubuh manusia. Pada bagian paha tersedia sebanyak 13.350 kalori, lengan atas kurang lebih 7.450, sedangkan lengan bawah 1.660. Jantung 650 kalori, paru-paru 1.600 kalori, sedangkan hati 2.570 kalori dan ginjal kira-kira 380 kalori.

Apabila mengkonsumsi tubuh manusia terdapat kira-kira 12.5 juta kalori. Jika menyantap satu manusia untuk 25 laki-laki dewasa pada jaman ini maka kalori yang didapat hanya cukup untuk setengah hari saja.

Sedangkan untuk satu ekor gajah pada jaman purba kala bisa menyediakan 36 juta kalori ini bisa menghidupi mereka untuk dua bulan. Dan untuk satu ekor kerbau liar bisa memenuhi kalori mereka untuk 10 hari.

Tubuh manusia setengahnya adalah lemak, kalau mengkonsumsi banyak lemak tidak baik untuk kesehatan. Di samping itu juga memburu manusia lebih susah dari pada memburu binatang. Disini jelas bahwa menyantap daging manusia tidak sesuai dengan kalori dan nutrisinya karena tidak mencukupi.

Dengan dikeluarkannya hasil penelitian ini banyak menuai reaksi yang berbeda. Ada yang menganggap sampel yang dipergunakan terlalu sedikit, karena hasil penelitian kalorinya diambil dari jasad 4 laki-laki dewasa, sedangkan wanitanya tidak diambil.

Menurut Susan Roberts dari Depertemen Pertanian Pusat Penelitian Nutrisi mengatakan bahwa, manusia itu bukan hanya terdiri dari Lemak dan protein tapi juga mengandung karbohidrat. Penelitian dan menghitung ke 4 jasad tersbut tidak bisa membuktikan apa-apa. Salah faktor yang menyebabkan manusia purba kala mengkonsumsi daging manusia karena faktor budaya atau agama.

Tags:
banner 468x60
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply