Ditemukan Snack Mie Instan dengan Bahan Limbah !

Peristiwa 0
banner 468x60

Tiga buah pabrik makanan di Sidoarjo Jawa Timur telah melakukan praktek curang dengan memprodiksi makanan ringan berjenis mie dengan memakai bahan limbah. Perbuatan ke tiga pabrik tidak patut ditiru karena sangat merugikan konsumen terutama dalam kesehatan.Ditemukan Snack Mie Instan dengan Bahan Limbah !

Akhirnya ke tiga pabrik ini di gerebek oleh Aparat Kepolisian Sidoarjo. Keberadaan ke tiga pabrik tempat memproduksi mie ini berada di wilayah Desa Gampang, Kecamatan Prambon. Sedangkan Mie yang diproduksi itu adalah bermerek ‘Mickey Joss’ dan Mie Sedap Cha-Cha.

Makanan yang tidak layak di konsumsi tersebut diduga telah beredar di sejumlah wilayah selama bulan Ramadhan tahun ini. Pihak Kepolisian langsung mengamankan ke tiga pabrik dan pemiliknya, ketiganya adalah Bashori, Ali Murtadho dan M. Basori. Penggerebekan yang dilakukan pihak Polresta Sidoarjo merupakan hasil pengembangan dari laporan masyarakat.

Ke tiga pabrik memproduksi mie dari bahan limbah dengan membeli bahan sisa produksi dari PT. KAS Gresik. Bahan sisa tersebut diakali sedemikian rupa supaya menjadi mie instan dengan menambahkan bumbu-bumbu mie, yakni balado, rica-rica, krispy dan lain-lain. Polisi pun berhasil menyita sejumlah mie di duga dibuat dari limbah sisa dari PT. KAS Gresik.

Mie instan ini sungguh tidak layak dikonsumsi oleh manusia, seharusnya produk ini lebih layak di gunakan untuk pakan ternak. Dan yang memperihatinkan adalah ke tiga pabrik ini telah beropras selama 9 tahun dengan omzet mencapaii 12 juta perbulan.

Sebelum di Desa Gampang, pernah juga terjadi kasus yang sama yaitu di Desa Dukuh sari Kecamatan Jabon, Sidoarjo, Jawa Timur. Dari hasil penggerebekan Polisi tersebut menyita berbagai barang bukti yang dipakai sebagai bahan mie tersebut.

Perbuatan pelaku di acam dengan sanksi UU No 18 tahun 2012 tentang pangan dan Undang-undang nomor 8 tahun tentang perlidungan Konsumen. Para pelaku terancam hukuman kurangn 5 tahun penjara atau denda sebanyak Rp. 2 miliar. Sebelumnya pun pernah terjadi kasus seperti ini yaitu di Desa Dukuhsari Kecaamatan Jabo, Sidoarjo, Jawa Timur .

Tags:
banner 468x60
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply