Inilah Penyebab Rambut Memutih alias Ubanan Di Usia Muda

Kesehatan 0
banner 468x60

Rambut merupakan mahkota bagi setiap orang apalagi rambut yang hitam banyak yang bermimpi agar rambutnya tetap hitam tak beruban tetapi karena faktor usia bisa menyebabkan rambut tumbuh ubanan. Rambut ubanan apabila usia sudah mencapai sekitar 35 tahun, tetapi ada juga yang tumbuh ubannya dibawah umur 35 tahun. Adapun penyebab tumbuhnya uban dirambut adalah sebagai berikut :Inilah Penyebab Rambut Memutih alias Ubanan Di Usia Muda

1. Faktor genetik

Genetik merupakan faktor yang sangat mempengaruhi tumbuhnya uban. Apabila kedua orang tuanya ubanan sudah pasti anaknya pun akan ubanan juga. Demikian juga orang tuanya masih muda sudah memiliki uban, maka anaknya tidak jauh beda
dan biasnya uban yang muncul di usia muda maka kemungkinan besar setiap anggota kelurganya mengalami hal yang sama.

Biasanya orang-orang muda yang usianya dibawah 20 tahun sudah ubanan bisa dikatakan mengalami penuaan dini tetapi sebetulnya tidak. Tumbuhnya uban di usia dini dipengaruhi seringnya pijat kepala dan makanan. Nah bagi yang masih muda sudah ubanan, bisa diatasai dengan makan wijen, Walnut, serta makana lainnya dan kurangilah mengkonsumsi lemak dan gula.

2. Penyakit

Munculnya berbagai penyakit yang membahayakan bagi manusia turut juga mempengaruhi cepatnya rambut memutih. Seperti Darah tinggi, jantung, tifus, dan siphilis merupakan pelaku utama ubanan terjadi.

Agar beban terasa ringan cobalah pijat kulit kepala anda, mulailah dari atas kepala, pijat dengan gerakan melingkar dengan mengunakan jari telunjuk, teruskan sampai kedahi, lanjut sampai ke kekuk disamping mata. Lakukan selama 1-2 menit, lalu istirahat sebentar dan teruskan sampai 5 menit.

Dengan pijat seperti ini maka sirkulasi darah dikepala menjadi lancar, darahpun mengalir ketempat-tempat yang diperlukan dan pigmen-pigmen bekerja kembali secara normal.

3. Faktor Gizi

Kekurangan gizi bisa menyebabkan rambut yang hitam cepat memutih, hal ini bisa diatasi dengan memakan makanan yang mengandung zat besi antara lain telur, hati,jamur kuping, rumput laut, kacang kedelai dan wijen. Sedangkan makanan yang mengandung zat tembaga seperti hati, ginjal, udang dan kepiting, kacang-kacangan dan beberapa kacang lainnya. Sereal, kacang-kacangan, hati, susu, telur dan sayur hijau ini makanan yang mengandung vitamin B

Selain makanan yang seperti diatas ada juga makanan yang berwarna gelap yang dfapat membentu merawat rambut hitam agar tidak beruban terlalu cepat. Makanan-makanan ini memenuhi unsur zat besi yang diperlukan tubuh dan membnatu rambut mempetahankan warnanya.

Tags:
banner 468x60
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply