Cara Menumis Sayur Yang Salah Dan Berakibat Fatal

Kesehatan 0
banner 468x60

Beragam cara orang memasak sayur, salah satu adalah dengan ditumis tetapi dalam proses memasaknya tidak semua orang benar melakukannya. Adapun kebiasaan dalam menumis sayur yang bisa membahayakan kesehatan.

Cara Menumis Sayur Yang Salah Dan Berakibat Fatal

Mencuci sayur setelah dipotong-potong

Biasanya orang mau menumis sayur dipotong-potong dulu, setelah itu baru dicuci sehingga permukaan sayuran yang kena air semakin luas. Cara seperti tidak benar karena mengakibatkan vitamin B dan C serta kandungan mineral dalam sayur hilang bersama air cucian. Adapun cara yang benar adalah cuci dulu sayuran sampai bersih, keringkan sejenak, lalu potong-potonglah. Sayur yang sudah dipotong-potong sebaiknya segara dimasak supaya kandungan gizi dalam sayuran tidak menguap.

Setelah minyak mengepulkan asap barulah memasukkan sayur

Memasak sayur menunggu minyak mengeluarkan asap, maka ketika itu minyak sudah mencapai suhu lebih dari 200oC maka zat penyebab kanker mulai terbentuk sehingga penyakit meninggi, dan kandungan gizi pada sayuran sudah hilang. Cara yang benar adalah Masukkan sayur saat minyak panas tetapi jangan sampai mengepulkan asap lalu masukkan bahan-bahan yang hendak di tumis.

Menumis sayur dengan banyak minyak

Ketika menumis sayur dengan banyak minyak, maka permukaan sayur akan tertutup oleh lapisan minyak sehingga aneka penyedap yang dimasukkan tidak diserap oleh sayuran, dan aromanya akan berkurang. Disamping itu juga dengan adanya kandungan minyak terlalu banyak bisa menganggu saluran pernapasan. Proses yang benar adalah gunakan minyak tidak lebih dari 1 sendok makan setiap menumis sayur.

Menambah aneka penyedap rasa yang mengandung garam

Jika ingin menambahkan aneka penyedap dalam masakan, maka hendaknya penggunaan
garamnya sedikit. Kalau kebanyakan garam, tubuh akan mudah kelebihan kandungan Natrium. Bagi siapa saja yang hendak memasak, waspadallah terhadap 4 poin diatas jangan sampai kesehatan tubuh kita dalam keadaan bahaya..

Tags:
banner 468x60
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply