4 Tips Bermanfaat Sebelum Memasak Nasi

Kesehatan 0
banner 468x60

Memasak nasi sekarang ini tentu sangat mudah kerana sudah tersedia berbagai barang elektronik untuk memasak nasi seperti rice cooker. Akan tetapi ada beberapa kesalahan yang dilakukan orang ketika memasak nasi. Seperti :

4 Tips Bermanfaat Sebelum Memasak Nasi

1. Beras dicuci berkali-kali.

Kebiasaan orang selama ini kalau mencuci beras 4-5 kali. Sebenarnya kebiasaan seperti ini sangat tidak baik karena gizi yang ada dalam beras akan mengalir bersama air cuciannya. Untuk mencuci beras sebaikanya tidak mempergunakan air yang dalam keadaan mengalir, cucilah beras dalam wadah baskom. Cara mencuci beras cukup dikocok 1-2 kali dengan memakai tangan, sehingga debu dan kotorannya hilang, yang terakhir bilaslah dengan perlahan cukup sekali saja.

2. Memperhatikan kadar air yang ditambahkan

Ketika mau memasak nasi jarang yang memperhatikan berapa banyak air yang harus ditambahkan. Sehingga hasilnya kadang terlalu keras atau terlalu lembek. Untuk menghindari hal itu maka perlu diketahui perbandingan kadar airnya,seperti memasak nasi putih maka perbandingan beras dan air 1:1.2-1.4, untuk ketinggian air kira-kira 2-4 mm diatas permukaan beras. Jika di dalam beras ditambah aneka biji-bijian maka jumlah air pun ditambahkan karena biji-bijian menyerap air.

3. Membuka tutup panci segera sesudah nasi matang

Apabila nasi sudah matang, janganlah tutup panci dibuka sebab kalau dibuka maka permukaan nasi masih sangat basah sedangkan nasi yang berada pada permukaan panci mulai mengerak. Nasi yang sudah mengerak biasanya sudah tidak bisa dimakan dan mencucinya juga agak susah. Adapun yang benar adalah bila memasak dengan rice cooker,apabila tombolnya melonjak, diamkan dulu nasinya selama 5 menit, setelah itu cabut kabel colokan dan diamkan lagi selama 5 menit lagi. Dengan demikian hasilnya akan lebih memuaskan.

Terakhir, ini dia tips rahasia yang membuat nasi menjadi super lezat

Adapun tips rahasianya adalah tambahkan minyak sayur (minyak zaitun atau minyak kedelai) serta beberapa tetes cuka ini ditambahkan sebelum memasak nasi, sehingga butiran nasi menjadi mengkilat dan kandungan gizi dalam nasi tetap terjaga serta aroma nasi menjadi sedap.

Tags:
banner 468x60
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply