4 Kebiasaan Sehari-hari yang Dapat tak diduga Bisa Merusak Otak

Kesehatan 0
banner 468x60

Setiap individu memiliki aktivitas yang berbeda-beda setiap hari, maka setiap aktivitas akan dipengaruhi oleh otak. Karena otak merupakan organ yang paling penting bagi manusia. Sehingga manusia kadang tidak menyadari melakukan kebiasaan sehari-hari yang dapat merusak dan mengganggu kesehatan otak. Oleh sebab itu sebaiknya kebiasaan tersebut harus dihindari.

4 Kebiasaan Sehari-hari yang Dapat tak diduga Bisa Merusak Otak

Otak adalah organ terbesar di tubuh manusia dan mempunyai fungsi yang sangat vital dalam mengendalikan kerja tubuh. Di dalam artikel ini akan dikupas mengenai kebiasaan sehari-hari yang dapat merusak fungsi otak.

1. Kebanyakan konsumsi gula

Dalam pola makan sehari-hari kebanyakan mengkonsumsi gula dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan penyakit gula (diabetes). Dalam hal ini tentu akan mengganggu kemampuan tubuh dalam menyerap nutrisi, terutama protein.

Lama kelamaan kondisi ini dapat menghambat perkembangan otak. Alasannya karena tubuh tidak memiliki cukup nutrisi untuk menjaga kesetabilan aliran darah, termasuk ke otak.

2. Macet

Di kota -kota besar pulusi udara sudah melibihi ambang batas sehingga pada saat macet kita menghirup udara yang tidak bersih, lama-kelamaan bisa merusak  otak. Karena otakpun pada dasarnya memerlukan oksigen yang banyak untuk bisa berfungsi dengan baik. Jika kita terus-menerus menghirup udara yang tercemar maka pasokan oksigen tubuh dan otak akan menurun. Penurunan kapasitas oksigen mengakibatkan pengurangan efesiensi otak.

3. Terlalu banyak makan

Porsi Makanpun harus dikendalikan. Tidak hanya menyebabkan berat badan meroket naik, kebiasaan juga dapat merusak otak. Saat perut terlalu kenyang dan perut kembung akibat terlalu banyak makan, menyebabkan pembuluh darah akan mengeras, termasuk yang mengarah ke otak. Mengakibatkan kemampuan berpikir anda akan berkurang dan tidak fokus.

4.Kurang tidur

JIka anda termasuk diantara orang-orang yang suka begadang dan tidurnya kurang dari enam jam, maka kesehatan otak menjadi taruhannya. Karena kebiasaan kurang tidur dalam jangka waktu yang panjang menyebabkan sel-sel di otak cepat mati.
Sel-sel otak seperti dipaksa untuk terus bekerja dan tidak bisa beregenerasi, yang biasanya akan terjadi secara oftimal saat anda cukup tidur.

Tags:
banner 468x60
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply