3 Warna Telur Ini Menunjukkan Kandungan Nutrisi Yang Berbeda

Kesehatan 0
banner 468x60

Bagi Masyarakat Indonesia telur merupakan menu yang selalu disediakan dalam setiap sarapan. Telur sebenarnya mempunyai kandungan nutrisi yang sangat tinggi maka semakin segar telur itu maka semakin mahal harga telur tersebut. Tetapi orang jarang memperhatikan warna dari kuning telur pada saat membuka telur yang akan dimasak.

3 Warna Telur Ini Menunjukkan Kandungan Nutrisi Yang Berbeda

Kalau diperhatikan sebetulnya warna kuning telur bisa menunjukkan kondosi kesehatan dari ayamnya dan seberapa banyak nutrisi yang terkandung dalam telur tersebut.

Demikian juga cara pemeliharaannya kebanyakan ayam sekarang dikurung dalam kandang sehingga ayam tidak mempunyai ruang gerak yang bebas, makanan yang sediakan terbatas. Untuk mengetahui kondisi ayam itu bagus atau tidak, bisa di tentukan dari warna kuning telurnya.

Biasanya orang jarang memperhatikan dari warna kuning telur ketika akan memasaknya, untuk ayam kampung warna kuningnya lebih dalam atau tua ini disebabkan ayam kampung sering memakan sayur-sayuran atau dedaunan. Untuk ayam negeri kerena pemeliharaannya dalam kandang maka warna kuning telurnya lebih muda.

Kualitas telur sebenarnya sangat dipengaruhi oleh makanan ayam itu,tapi banyak juga orang menganggap hal itu tidak penting kerena apa yang dimakan oleh ayam tidak ada hubungannya dengan manusia.

Dari warna telur bisa dilihat bahwa telur yang warna kuningnya lebih tua memliki kandungan lutein dan omega 3 yang lebih tinggi. Sedangkan lutein ditemukan di sayuran hijau yang berwarna lebih tua, dan omega 3 berada dalam
rumput laut. Beberapa nutrisi juga dimiliki oleh telur ayam kampung misalnya vitamin A, D dan E.

Sebenarnya kandungan protein antara ayam negeri dan ayam kampung tidak jauh beda, tapi kandungann nutris lebih banyak dimiliki oleh telur ayam kampung.

Tags:
banner 468x60
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply