3 Jenis Sayur Yang Bisa Mencegah Munculnya Sel Kanker

Kesehatan 0
banner 468x60

Tiga jenis sayur ini hanya diketahui sebagai bahan sayur untuk dikonsumsi saja, tetapi sebenarnya ada beberapa manfaat yang jarang diketahui oleh masyarakat mengenai ketiga sayuran ini. Dari segi rasa sayuran ini memiliki rasa pedas serta kaya akan nutrisi dan yang terpenting adalah dapat melawan sel kanker. Adapun tiga jenis sayuran tersebut seperti :

3 Jenis Sayur Yang Bisa Mencegah Munculnya Sel Kanker

1. Kucai

Kucai merupakan jenis sayuran sangat kaya akan kandungan nutrisi serta memiliki protein dan lemak. Selain itu kucai juga memiliki kandungan Vitamin dan meneral yang sangat banyak. Karena per 100 gram kucai memiliki kandungan Vitamnin A sebanyak 235 mikrogram, sedangkan karotinnya sebanyak 1410 milligram dan kandungan kaliumnya sebanyak 247 milligram.

Adapun fungsi vitamin dan karotin yang ada dalam sayur kucai adalah meningkatkan penglihatan, meredakan mata yang lelah dan sangat cocok bagi pekerja depan komputer. Karena kandungan karotin yang tinggi ini dapat mencegah tumor, mencegah oksidasi, mencegah penuaan dini serta meningkatkan daya tahan tubuh dan manfaat yang lain. Bagi penderita hipertensi sangat cocok untuk mengkonsumsi kucai karena banyak mengandung kalium.

Sayur kucai sebenarnya sangat bagus untuk kesehatan hati dan lambung, berbagai kandungan yang dimiliki kucai sangat baik untuk kesehatan manusia. Sayur kucai ada dua jenis yaitu ada yang berdaun lebar dan sempit, kalau yang daunnya sempit biasanya agak gelap tapi kandungan seratnya tinggi serta baunya yang kuat, yang berdaun lebar dan tebal memiliki warna lebih terang, tekstur lembut dan bau agak lembut. Bila anda akan membeli sayur sesuaikan dengan seleranya, jangan membeli kucai yang sudah layu atau warna sudah berubah.

Adapun cara makan sayur kucai:

Kucai ini cocoknya ditumis dijadikan lauk ataupun untuk isi pangsit, sebaiknya jangan makan kucai yang sudah disimpan selama satu hari. Kucai bila dimasak dengan udang akan menghasilkan protein yang sangat tinggi. Karena kandungan seratnya yang tinggi dapat menigkatkan kerja lambung dan usus sehngga memperlancar pencernaan.

2. Bawang Putih

Bawang putih adalah bumbu yang sangat mudah didapat, kandungan gizinya sangat tinggi. Bawang berguna sekali bagi orang yang banyak melakukan aktivitas, kandungan kreatin yang ada pada bawang putih dapat membantu kerja otot dan kandungan vitamin B1 yang terdapat dalam bawang putih bisa menghilangkan rasa lelah dan meningkatkan energi.

Manfaat bawang putih sebenarnya banyak diantaranya, membantu metabolisme, menurunkan kolestrol dan trigliserida, menurunkan hipertensi dan gula darah.
Sebenarnya orang kurang senang makan bawang putih langsung karena takut napas menjadi bau. Untuk menghindari bau ada beberapa cara diantaranya kunyahlah daun teh lalu makanlah bawang putih atau dengan minum susu hangat dan simpan dulu dimulut lalu telan pelan-pelan cara inipun sebenarnya dapat juga menghilangkan bau.

Yang perlu diperhatikan ketika mengkonsumsi bawang putih adalah bagi yang memiliki fisik yanmg lemah sebaiknya makan 1-2 butir lebih bawang putih. Mengkonsumsi bawang putih sebaiknya pagi atau siang hari dan hindari makan bawang putih dimalam hari karena dapat menyebabkan merangsang hidung, tenggorokan dan mukosa lambung.

3. Daun bawang

Sebaiknya siapkan selalu daun bawang didapur, disamping sebagai penyedap rasa ia juga sebagai obat pencegah kanker serta penyakit lain. Cara memasaknyapun sangat mudah bisa ditumis atau digoreng, daun bawang ini bisa digunakan untuk bumbu sehari-hari atau dicampur kedalam hidangan yang dingin.

Daun bawang juga sangat bermanfaat untuk menurunkan suhu tubuh, melancarkan pencernaan, daun bawang mengandung anti bakteri dan anti virus dan juga sebagai pencegah kanker. Daun bawang sangat cocok dikonsumsi oleh siapa saja dan bisa dikonsumsi setiap hari.

Cara mengkonsumsi ada berbagai cara seperti dimakan mentah, dicampur dalam hidang yang dingin, sebagai pelengkap rasa, penguat rasa, menghilangkan bau amis daging dan bau yang lain.

Tags:
banner 468x60
author

Author: 

Related Posts

Leave a Reply